Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Mengajar Ekonomi dengan Minat, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA

Persepsi siswa terhadap keterampilan guru mengajar merupakan suatu daya mengenal siswa dari hasil mengamati, mengetahui, dan mengartikan setelah alat indera siswa mendapat rangsangan dari yang ditampilkan oleh guru ketika mengajar. Keterampilan guru dalam mengajar merupakan stimulus yang menghendaki adanya tanggapan dari siswa yang bisa ditanggapi sebagai hal yang positif atau negatif, tergantung siswa akan mempersepsikan apakah positif sehingga minat dan motivasi belajarnya dapat terkelola dengan baik untuk mencapai keoptimalan proses belajar ataukah sebaliknya. Persepsi siswa akan berhubungan dengan minat dan motivasi serta prestasi belajarnya karena merupakan kesan pertama untuk mencapai suatu keberhasilan dalam pengajaran. Untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap keterampilan guru mengajar maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi siswa terhadap keterampilan guru mengajar ekonomi, (2) Bagaimana minat belajar siswa terhadap mata pelajaran ekonomi, (3) Bagaimana motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran ekonomi, (4) Adakah hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan guru mengajar dengan minat belajar, (5) Adakah hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan guru mengajar ekonomi dengan motivasi belajar siswa, dan (6) Adakah hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan guru mengajar ekonomi dengan prestasi belajar di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan guru mengajar ekonomi dengan minat, motivasi, dan prestasi belajar siswa kelas X semester I SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2007-2008. Jumlah kelas X terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan 178 siswa. Sedangkan sampel yang diambil 25% dari populasi yaitu berjumlah 48 siswa yang ditetapkan dengan teknik random sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, dan data yang terkumpul dilakukan uji coba validitas dan uji coba reliabilitas untuk mengetahui gugur tidaknya butir angket dengan bantuan analisis data SPSS For Windows 12.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) Persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru ekonomi dalam kondisi baik yaitu menunjuk pada tingkat persentase 49,99%, (2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dalam kondisi yang baik dengan tingkat persentase 72,91%, (3) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dalam kondisi baik dengan tingkat persentase 70,83%, (4) Ada hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan guru mengajar dengan minat belajar siswa pada koefisien korelasi (r) sebesar 0,550, (6) Ada hubbungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan guru mengajar dengan motivasi belajar siswa pada koefisien korelasi (r) sebesar 0,408, dan (6) Ada hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan guru mengajar dengan prestasi belajar siswa pada koefisien korelasi (r) sebesar 0,733.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi sekolah untuk tetap memantau dan mengevaluasi para guru dalam mengajar; para guru disarankan untuk tetap aktif mengikuti MGMP; bagi siswa hendaknya meningkatkan minat dan motivasi belajarnya; untuk peneliti selanjutnya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut yang terkait dengan sistem pendidikan dan stategi pendidikan bagi lembaga keguruan, agar sistem pendidikan sesuai dengan keterampilan guru/kebutuhan kualitas guru sehingga nantinya mampu mendukung peningkatan prestasi belajar siswa.
MENGUBAH PARADIGMA GURU
KURIKULUM 2006 Mata Pelajaran IPS di jenjang SMP secara legal formal ditetapkan dengan menggunakan model pembelajaran IPS Terpadu. Pengertian terpadu bukan semata-mata sudah tidak muncul lagi Sub Mata Pelajaran Sejarah, Geografi dan Ekonomi, namun program pembelajarannya harus disusun dari berbagai cabang ilmu dalam rumpun sosial dengan memadukan kompetansi dasar yang ada.
Permasalahan yang muncul adalah Kompetensai Dasar (KD) dalam Kurikulum Mata Pelajaran IPS belum terstruktur secara terpadu. Walaupun Sub Mata Pelajaran sudah tidak dikenal lagi, namun KD-KD dalam standar isi tersebut masih menunjukkan secara eksplisit substansi dari masing-masing sub mata pelajaran. Dampaknya dalam mengajar guru cenderung mengikuti kurikulum berdasarkan urutan yang ada. Bahkan masih sering ditemukan guru yang mengajar IPS Ekonomi, IPS Sejarah atau IPS Geografi secara terpisah-pisah.

Model IPS Terpadu
Ada tiga model pembelajaran IPS terpadu. Pertama, model integrasi berdasarkan topik. Caranya dengan memilih atau menetapkan topik tertentu, dan topik tersebut ditinjau dari berbagai disiplin ilmu yang tercakup dalam IPS, misalnya topik flu burung. Persebaran wabah flu burung dan karakteristik fisis-geografis daerah terjangkit dikaji melalui disiplin Ilmu Geografi, dampaknya terhadap kegiatan perekonomian masyarakat ditinjau dengan disiplin Ilmu Ekonomi. Analisis proses awal masuknya flu burung di Indonesia dapat dikaji dengan disiplin Ilmu Sejarah, sedangkan bagaimana reaksi masyarakat yang mengahadapi wabah flu burung dan bagaimana partisipasi yang diberikan dalam upaya penanggulangannya dapat dikaji dengan disiplin Ilmu Sosiologi.
Kedua, model integrasi berdasarkan potensi utama. Dipilih tema yang didasarkan pada potensi utama yang ada di wilayah setempat. Misalnya Ungaran sebagai kawasan industri. Faktor alam apa yang menunjang pengembangan industri di Ungaran dianalisis dengan disiplin Ilmu Geografi. Bagaimana dukungan/kebijakan pemerintah daerah dikaji dengan Ilmu Politik, seberapa besar ketersediaan tenaga kerja dan efek perekonomian yang muncul dilihat dengan kacamata Ekonomi. Sedangkan bagaimana kemungkinan dampaknya terhadap kehidupan sosial-budaya dianalisis dengan disiplin Ilmu Sosiologi-Antropologi.
Ketiga, model integrasi berdasarkan masalah. Banyak sekali dijumpai permasalahan lingkungan dan sosial di sekitar anak. Jika permasalahan tersebut diangkat menjadi tema dalam pembelajaran di kelas sangat menarik dan meningkatkan kepedulian siswa terhadap masalah tersebut, misalnya pornografi. Apa faktor sosial-budaya yang mendorong maraknya pornografi tentu dapat dikaji dengan bantuan disiplin Ilmu Sosiologi-Antropologi. Sampai di mana saja persebaran masalah tersebut, kapan masalah tersebut mulai muncul dan bagaimana perkembangannya, apa dampaknya terhadap kehidupan sosial dan ekonomi, dan apa kebijakan yang telah dilakukan pemerintah ? Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan menggunakan disiplin ilmu sosial yang sesuai.
Pembelajaran IPS Terpadu merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu sosial. Di sekolah, guru yang tersedia umumnya merupakan guru dengan disiplin ilmu yang terpisah-pisah. Hal ini tentunya mengundang masalah bagi guru untuk beradaptasi dalam pengintegrasian disiplin ilmu sosial tersebut. Solusi yang dapat diberikan adalah mengajar dengan Team Teaching yaitu dua-tiga orang guru mengajar secara bersama-sama di dalam kelas. Setiap guru memiliki tugas sesuai dengan keahlian dan kesepakatan team.
Pembelajaran IPS Terpadu bagi siswa memberikan peluang untuk pengembangan kreativitasnya. Model ini menekankan pada pengembangan kemampuan analitik, asosiatif serta eksploratif dan elaboratif. Dengan mengupas permasalahan sosial yang ada di lingkungan siswa akan mempermudah dan memotivasi untuk mengenal, menerima, menyerap dan memahami keterkaitan konsep, pengetahuan, nilai atau tindakan yang dikehendaki oleh kurikulum.

Pardigma Sosial Studi
Dalam IPS Terpadu tersurat adanya perubahan paradigma dari Ilmu Sosial (Social Sciences) menjadi Studi Sosial (Social Study). Ilmu-ilmu Sosial (Sosiologi, Antropogi, Ekonomi, Politik, dll) lebih menekankan konsep dan teori yang abstrak dan rumit sehingga kemampuan anak di jenjang pendidikan dasar (SMP) belum cukup untuk menyerap dan memahaminya. Sedangkan studi sosial merupakan bidang pelajaran mengenai kehidupan manusia dalam masyarakat. Studi sosial lebih bersifat praktis, tidak menyajikan materi yang terlalu abstrak dan teoritis tetapi lebih bersifat terapan. Studi sosial lebih menitikberatkan pada bahan-bahan pelajaran yang langsung menyangkut kepentingan siswa dalam rangka proses belajar mengajar guna mencapai tujuan-tujuan pendidikan
Guru harus bisa mengikuti perubahan paradigma ini, sebab perubahan ini memberikan ruang untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengajar. Guru tidak harus tunduk pada urutan KD dalam kurikulum. Ia dapat menetapkan topik atau permasalahan tertentu dan mengambil KD-KD yang dibutuhkan untuk disajikan di dalam pendekatan pembelajaran kooperatif. Guru dapat mengambil topik permasalahan yang sedang aktual misalnya naiknya harga-harga, golput, sampah, pornografi dan sebagainya. Upaya yang harus dilakukan guru IPS memang tidak mudah. Tetapi percayalah, hal ini bukan disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru, melainkan karena masih ragu mencoba dan belum terbiasa melakukannya. Selamat mencoba ! (*)
*Oleh :
Sarbun Hadi Sugiarto
Guru SMA 1 Salatiga
Jalan Progo 26, Sidomulyo, Ungaran Timur

Keberadaan bidang Studi IPS

Sungguh mengenaskan nasib bidang studi IPS karena pada saat ini selalu dianaktirikan oleh pemerintah. Sepertinya pemerintah hanya menginginkan anak bangsa ini menjadi teknokrat tanpa berpikir bahwa tanpa ilmu sosial kehidupan menjadi hambar karena muncul rasa individualisme, konsumerisme, tidak peduli terhadap orang lain dan yang paling parah adalah separatis bangsa di kemudian hari. Oleh sebab itu berjuanglah para guru untuk mewujudkan keberadaan ilmu sosial menjadi setara dengan ilmu eksak.